Skip to main content

ANALYZING CAPEX PLAN: NOTES ON BWPT...AND SOME RANTS (PART 2)

Di artikel sebelumnya, saya telah membahas implikasi rencana investasi Capex terhadap EVA di BWPT dan kita bisa mengharapkan ada perkembangan EVA  di tahun ini. Tapi, itu tidak menjawab apakah manajemen telah melakukan trade-off yang memaksimalkan keuntungan shareholders. Apakah investasi Capex 5 pabrik dalam 5 tahun perlu?

Dalam hal tersebut, saya memiliki pendapat lain, tapi jangan salah sangka: saya tetap mengekspektasikan perkembangan EVA di tahun ini, dan perkembangan EVA adalah hal terpenting. Tapi apakah membangun 5 pabrik itu perlu? Sulit bagi saya untuk menelannya. Lagipula, utilisasi kapasitas pabrik BWPT masih di bawah 60%. Dari perspektif strategis yang ingin memanfaatkan hasil pohon sawit sebanyak-banyaknya, keputusan tersebut masuk akal bila manajemen mengasumsikan laju pertumbuhan produksi buah sawit sebesar 20% tiap tahunnya selama 5 tahun ke depan. Dengan demikian, kapasitas utilisasi bisa memuaskan permintaan tanpa memaksa pegawai untuk menambah jam kerja (lihat Figure 1). 

Betul, keputusan tersebut memaksimalkan laju pertumbuhan pendapatan. Tapi, dan ini saya garis bawahi, belum tentu keputusan tersebut memaksimalkan EVA juga (yang seharusnya menjadi goal terpenting untuk kepentingan shareholders). Manajemen bisa melakukan trade-off dengan melewatkan sales potential demi menyimpan uang yang terikat di asset yang dicatat di Balance Sheet. Kita perlu melakukan beberapa perhitungan untuk tahu pasti, tapi dengan melihat ROIC BWPT yang begitu rendah, saya menduga kalau keputusan untuk melangsingkan badan lebih menguntungkan shareholders ketimbang membuat badan lebih cepat (go leaner than go faster). 

Figure 1

Memprioritaskan pertumbuhan daripada Balance Sheet yang kurus sayangnya umum di banyak perusahaan Asia, dan manajemen BWPT sepertinya jatuh ke dalam mindset ini. Lagipula, hal yang wajar bagi manajemen untuk mengincar big budget yang memaksimalkan bonus mereka. Banyak skema bonus yang mengkaitkan besarnya bonus dengan budget approval ketimbang seberapa besar value yang berhasil diraih. EVA mendorong manajemen untuk go leaner di asset karena asset merupakan biaya di dunia EVA, bukan sesuatu yang bisa dikesampingkan karena akuntan tidak mencatatnya di laporan laba/rugi.  

Sebagai note terakhir di artikel ini, saya telah banyak melihat analyst merekomendasikan saham BWPT dengan mengatakan ‘undervalued’, dan harga saat ini belum merefleksikan perkembangan kebun sawit, baik di harga CPO maupun umur kebun. Hati-hati. Know the company and know the expectation. Ketika Anda tahu keduanya, Anda akan tahu kalau harga BWPT digerakkan oleh ekspektasi saja. Mengapa? Karena BWPT belum bisa menghasilkan EVA positif sama sekali. Ada perkembangan EVA, tapi belum pernah mencetak EVA positif. Saya telah membahas hal ini lebih detail di artikel sebelumnya. Tidak ada bisnis yang bisa dibilang profitable kalau tidak bisa menutupi biaya full net-asset yang dimilikinya (i.e ROIC > WACC). Faktanya, BWPT belum mampu menghasilkan EVA positif karena hanya mampu menghasilkan ROIC kurang dari 3%. Jauh di bawah charge net-asset (WACC) yang  di atas 11%. Dengan demikian, bila investor sejak awal tidak mengharapkan ada perkembangan, nilai perusahaan Eagle High Plantation secara keseluruhan akan lebih kurang dari nilai net-asset yang dikelolanya. Malahan, nilainya akan seluruhnya tertelan untuk debtholders dan tidak meninggalkan apapun untuk shareholders (i.e harga saham = IDR 0,00/lembar). Hal ini dibahas lebih detail di artikel saya yang lain.

Oleh karena itu, sadarilah kalau Anda berinvestasi di BWPT, Anda betul-betul bergantung pada ekspektasi investor. Betul, kita dapat mengharapkan peningkatan harga saham ketika EVA menjadi lebih kurang negatif di tahun ini. Tapi, EVA negatif tetaplah EVA negatif. Perusahaan belum menghasilkan profit yang cukup untuk menutupi semua biayanya. Ambil kepercayaan investor, maka semua akan jatuh berserakan. Untuk sekarang, cerita bullish tampaknya menang. Tapi berhati-hatilah terhadap ekspektasi yang tersirat di dalam label ‘undervalued.’ Bukannya si analyst mengerjai Anda. Bisa jadi karena mereka juga tidak menyadari ekspektasi yang ada di dalam model mereka. Yes, it happens too easily.

 


Have a great investing day,

Rio Adrianus





                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

Comments

Popular posts from this blog

Technical Analysis (Wyckoff & Elliott Wave) On BWPT & AALI

BWPT You will likely find these contracting trendline to be very important. Elliott Wave practitioners know the significance of this chart by looking at the possible wedge formation. AALI The expected test of supply came in bar 2 after we saw supply entered in bar 1. Bar 3 suggests that the test was successful. I expect to see an increased in volume when the market exceeds the top of bar 1 to confirm that the buying from May 25 is genuine. Unsurprisingly, analysis in BWPT also suggests an important play is coming shortly.

Apa Itu EVA (Economic Value Added) / Economic Profit

Secara gamblang, kita tahu kalau tujuan utama perusahaan adalah membuat profit. Tapi apa itu profit? Pertanyaan tadi mungkin mengherankan Anda. Bukankah profit adalah sesuatu yang jelas? Kenyataan seringkali lebih rumit dari yang kita bayangkan. Profit perusahaan yang sering Anda dengar dan baca, dan yang ada di laporan keuangan perusahaan, disebut Net Income, atau Accounting profit. Anda mungkin terkejut kalau bahkan top management tidak mempercayai Net Income sebagai profit. Ada yang lebih setuju mendefinisikan profit sebagai EBIT (Earning before interest and taxes), EBITDA (EBIT before depreciation), atau free cash flow, dan itu juga paling maksimal hanya dipercaya sebagai aturan jempol saja. Saya serius. Dunia bisnis mempunyai banyak jargon, tapi sulit sekali mencari konsensus definisi profit. Padahal membuat profit adalah goal esensial dari bisnis. Accounting, selagi esensial, juga menjadi sumber utama kesalahpahaman dan bad logic.  Di artikel introduksi ini, saya akan memb

Illusions of Acquisition Value

Continued fromPart 1: How to Calculate Acquisition Value Saya kurang tahu mengenai PGAS, dan bukan maksud saya di tulisan ini untuk menilai apakah value addition sekitar Rp 9 T dari manajemen masuk akal atau tidak. Tapi saya ingin memberi sedikit perspektif mengenai konsep franchise value. Franchise value tercipta karena Pertagas ada di tangan manajemen yang lebih baik. Tangan yang lebih baik. Banyak analis yang memberi outlook optimis dari akuisisi dengan alasan kalau akuisisi membuat sales buyer menjadi lebih besar karena pipeline PGAS menjadi lebih panjang dengan ditambahnya pipeline milik Pertagas. Tapi pipeline Pertagas sudah masuk ke dalam harga beli Rp 16,6 T yang dibayar oleh investor PGAS. Jadi bagaimana bisa hanya mengoperasikan pipeline milik Pertagas, yang mana PGAS bayar dengan premium, bisa memperkaya investor PGAS? Beda ceritanya kalau ceritanya pipeline tersebut tidak perlu dioperasikan oleh karyawan Pertagas lagi, cukup oleh karyawan PGAS tanpa penambahan jumlah